Rabu, 05 Februari 2014

YUK BERMAIN YUK (oleh Christanti Widyaningsih. Sekretaris Umum Perempuan Adiluhung dan Penggiat Rumah Singgah Anak Mandiri)



1. Nama permainan : NYARI TEMAN
~ Bentuk : kelompok
~ Jumlah pemain :  10 – tak terbatas
~ Waktu : 12 – 30 menit
~ bahan : menyesuaikan ( lagu/vcd player)
~ orientasi : Inisiatif dan kecepatan berpikir
~ kategori : semua umur
SAATNYA BERMAIN :
1. Seluruh anak berkumpul secara acak dengan posisi berdiri. Anak dilarang berdiri berdekatan dengan teman akrab atau teman sebangku.
2. Pendamping akan meminta anak-anak untuk selalu siap dan sigap mendengarkan instruksi yang akan diberikan. Begitu mendengar perintah/instruksi dari pendamping anak-anak harus segera menjalankan instruksi tersebut. Bagi yang tidak menjalankan,akan dikenai sanksi atau hukuman yang telah disepakati sebelumnya.
3. Perintah yang dimaksud adalah,bahwa setiap anak harus membentuk kemlompok dengan jumlah peserta sesuai dengan angka yang diinstruksikan. Misalnya, instruksi yang disebutkan adalah “ 5” maka setiap anak harus mencari teman 4 orang untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang.
4. Bila instruksinya angka 3,berarti siswa harus mencari 2 orang teman untuk membentuk kelompok sebanyak 3 orang.Begitu seterusnya dan instruksi bisa bervariasi. Misalkan instruksinya” 4,5”,maka anak-anak harus membentuk kelompok dengan 4 anak berdiri dan 1 anak duduk atau jongkok.
5. Instruksi awal bisa dimulai dari angka genap,ganjil hingga yang memamkai nominal setengah.
6. Prinsipnya, setiap anak harus sigap mencari teman sekelompoknya.
7. Catatan : untuk memulai permainan sebelum intruksi angka disampaikan, bisa menggunakan nyanyian atapun lagu yang diputar dan dihentikan dengan tiba-tiba.
MANFAAT PERMAINAN :
~ Setiap anak harus mulai belajar untuk dapat berteman dengan siapa saja tanpa harus membeda-bedakan atas dasar apapun. Dengan demikian setiap anak mulai terbiasa menjadi pribadi yang punya banyak teman dan pandai bergaul.

*****KERETA API TERPANJANG***
~ Bentuk : kelompok
~ Jumlah pemain : minimal 2 kelompok, tiap kelompok minimal 5 anak
~ waktu : 15 – 20 menit
~ Bahan : semua benda yang melekat dibadan anak,stopwatch/timer
~ Orientasi : Inisiatif,kecepatan berpikir dan kemampuan bekerja sama
~ Kategori : 7 tahun keatas
SAATNYA BERMAIN :
1. Pendamping membagi semua anak menjadi kelompok 1,2 ,3 dan seterusnya dengan jumlah anak pada masing-masing kelompok adalah sama. Boleh ganjil ataupun genap. 
2. Pendamping sebaiknya mengecek supaya didalam satu kelompok tidak hanya diisi oleh sejumlah teman-teman terdekat ataupun geng-geng tertentu. Jika memungkinkan anak-anak dibiarkan berbaur. Pembagian peserta juga bisa dilakukan dengan cara undian.
3. Pendamping menjelaskan kepada peserta bahwa mereka akan berlomba membuat rangkaian kereta api terpanjang. Caranya dengan menyambungan benda apa saja yang melekat dibadan. Entah itu ikat pinggang, tali sepatu, dasi seragam sekolah, karet pengikat rambut dan sebagainya.
4. Setelah anak dibagi kedalam kelompok,pendamping meminta agar setiap kelompok tersebut berbaris satu jajar kebelakang. Jarak antara kelompok sebaiknya tidak terlalu dekat.
5. Seluruh kelompok diminta untuk bersiaga menunggu instruksi,sehingga mereka bisa langsung sigap memulai perlombaan ketika aba-aba mulai terdengar. Supaya semakin seru,batasi waktu perlombaan dalam durasi yang tidak terlalu panjang, misalnya 10 s/d 15 menit.
6. Begitu instruksi disampaikan,setiap anak dimasing-masing kelompok segera menyambungkan benda apa saja yang mereka miliki hingga membentuk untaian tali. Nah,rangkaian tali tadi anggap saja sebagai kereta api.
7. Begitu waktu habis,semua kelompok harus berhenti membuat rangkaian kereta api. Kelompok yang dapat membentuk bentangan tali terpanjang dinyatakan sebagai pemenang.Sedangkan kelompok dengan bentangan tali terpendek alias yang kalah akan dikenai sanksi yaitu melepaskan semua sambungan rangkain tiap-tiap kelompok dan mengembalikan ke setiap pemiliknya.
CATATAN :
1. Selama permainan berlangsung lakukan instruksi dengan tambahan kalimat motivasi sebagai penyemangat permainan.
2. Sanksi yang diberikan bisa diganti sesuai dengan kesepakatan bersama. Bisa menyanyi, menari dan lainnya.
3. Supaya lebih seru, permainan dapat ditambahkan dengan instruksi tambahan ,misalkan mencari barang-barang yang ada disekitar kelompok untuk memperpanjang rangkaian kereta api-nya. Contohnya kayu, ranting, bambu,
MANFAAT PERMAINAN :
Bahwa kesuksesan suatu tim sangat ditentukan oleh sejauh apa partisipasi para anggotanya. Partisipasi tersebut bsa berupa inisiatif, pengorbanan tenaga atau bahkan materi, yaitu dengan mau melepas barang-barang yang dipakainya. Tentu saja dengan masih memegang norma agama dan kesopanan. Bila ada anggota yang lamban berpartisipasi maka peluang kemenangan sebuah tim akan relatif kecil.
Yogyakarta, Januari 2014
Sumber : 1. Kumpulan games cerdas & kreatif by Arini Yuli Astuti 
2. Kegiatan kelompok di Rumah singgah Anak Mandiri Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar